Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Aplikasi dengan XAMPP Secara Mudah

 Membuat Aplikasi dengan XAMPP Secara Mudah



Saat ini semakin banyak developer yang tertarik membuat Aplikasi dengan XAMPP. Jenis aplikasi yang umum dikembangkan adalah aplikasi berbasis Web. Umumnya, XAMPP ini akan digunakan untuk mengetes atau menguji sebuah aplikasi atau web sebelum benar-benar diluncurkan secara online.

XAMPP umumnya juga dikenal dengan sebutan localhost. Pasalnya, platform ini hanya bisa digunakan dan diakses lewat perangkat tempat Anda menginstal XAMPP. Jadi kalau Anda memasang XAMPP pada satu laptop, maka tidak serta-merta akan bisa langsung diakses di perangkat lainnya.

Mengenal Pengertian XAMPP

Sebelum membahas lebih lanjut terkait cara pembuatan aplikasi berbasis web di XAMPP, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa itu XAMPP. Tujuanya adalah agar pemahaman mengenai XAMPP akan menjadi semakin utuh dan lengkap.

Ringkasnya, XAMPP adalah singkatan atau akronim dari beberapa istilah. X untuk singkatan dari “cross platform”, A untuk “Apache”, M untuk “MySQL dan MariaDB”. Sedangkan untuk dua P yang terakhir adalah singkatan dari PHP dan Perl.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa XAMPP ini adalah sebuah platform perangkat lunak sumber terbuka yang bisa mencakup pengolahan basis data. Lewat XAMPP ini, memungkinkan para pengguna untuk bisa membuat website atau aplikasi yang berbasis perintah coding dan melibatkan basis data.

Cara Membuat Aplikasi dengan XAMPP

Bagi Anda yang penasaran mengenai proses pembuatan aplikasi berbasis web di XAMPP, berikut adalah langkah mudahnya. 

1. Cara Membuat Aplikasi dengan XAMPP : Unduh Perangkat Lunak XAMPP

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat aplikasi berbasis web adalah mengunduh XAMPP terlebih dahulu. Anda bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut lewat situs resmi Apache melalui browser yang dimiliki.

XAMPP ini nantinya akan dibutuhkan untuk menginstal dan menjalankan WordPress secara lokal di perangkat Anda. Server lokal ini berfungsi sebagai sarana pengembangan dan pengujian aplikasi agar bisa dijalankan secara maksimal saat online.

2. Mengatur XAMPP Untuk Menjalankan Aplikasi  

Kalau sudah selesai melakukan instalasi, Anda bisa mulai melakukan set up pada XAMPP tersebut. Anda perlu mengaktifkan model Apache dan MySQL agar platform ini bisa berjalan di perangkat. Pada beberapa jenis PC, akan muncul peringatan keamanan dari sistem OS. Silakan Anda bisa pilih Unblock untuk mengatasi peringatan tersebut.

Untuk mengaktifkan local server Apache dan database MySQL, Anda cukup klik pada masing-masing tombol di laman XAMPP. Untuk mengecek apakah lingkungan server lokal sudah aktif atau belum, Anda bisa mengecek lewat browser dengan mengetikkan localhost.  

3. Membuat Database di MySQL

Setiap proses instalasi aplikasi berbasis web seperti WordPress akan membutuhkan database tersendiri. Maka dari itu, pastikan Anda bisa membuat database terlebih dahulu dengan tepat dan juga benar.

Untuk membuat database ini, Anda cukup klik tombol Admin MySQL atau Maria DB untuk localhost versi terbaru. Nantinya Anda akan dibawa ke laman baru berupa tab phpMyAdmin. Silakan Anda bisa membuat database sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada layar perangkat.

4. Unduh WordPress Lalu Instal

Setelah berhasil membuat tabel database, Anda bisa mengunduh CMS WordPress dari situs resminya. Nantinya WordPress ini akan menjadi aplikasi berbasis website yang bisa dijalankan lewat XAMPP.

Setelah berhasil terunduh maka Anda hanya perlu melakukan instalasi pada platform tersebut. Untuk menginstalnya, pastikan Anda meletakkan folder WordPress tersebut pada folder yang sama dengan lokasi tempat instalasi XAMPP.

Setelah semua proses instalasi dan konfigurasi berhasil dilakukan, Anda bisa mengecek aplikasi berbasis web tersebut lewat browser. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa langsung mengetikkan nama situs atau aplikasi web yang dibuat pada kolom mesin pencarian.

Itulah ulasan mengenai cara membuat Aplikasi dengan XAMPP yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya ulasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin membuat website di localhost atau XAMPP.


Posting Komentar untuk "Membuat Aplikasi dengan XAMPP Secara Mudah"