Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Compiler Pada Program Java

Cara Mengecek Compiler Pada Program Java


Ada kalanya, saat Anda telah selesai membuat sebuah program, misalnya Java, namun ternyata program tersebut tidak bisa dijalankan. Dalam arti, codeblock tidak memberikan notifikasi apapun. Hal ini bisa saja, dikarenakan compiler belum disetting atau bisa saja karena Anda salah melakukan instal paket codeblock, sehingga program Java yang Anda buat tersebut tidak bisa dijalankan. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu melakukan cara mengecek compiler berikut ini!

Pengertian dan Cara Mengecek Compiler

Kompilator atau yang dikenal juga dengan compiler, merupakan salah satu program yang digunakan untuk menerjemahkan source code menjadi bahasa mesin. Dimana source code yang telah dibuat oleh programer, akan mulai diterjemahkan oleh compiler. Sebelum akhirnya bisa dideteksi oleh mesin.

Dengan kata lain, compiler berperan sebagai mediator antara instruksi manusia (High Level Language), dalam hal ini developer, menjadi sebuah instruksi yang bisa dimengerti oleh mesin. Peran dari compiler ini memang bisa dianggap hampir sama dengan interpreter. 

Hanya saja, yang membedakannya adalah jika compiler akan mengkonversi HLL (High Level Language) menjadi bahasa mesin (machine code), jauh sebelum program dijalankan. Sementara interpreter melakukannya selama program berjalan. Contoh program yang menggunakan compiler ini salah satunya adalah Java.

Tahapan dalam proses kompilasi pada compiler ini meliputi:

  • Tahapan pertama, dimana source code akan dimasukkan pada memori komputer
  • Tahap kedua, source code tersebut akan diubah menjadi assembly/object code 
  • Tahap terakhir, object code tersebut akan dihubungkan dengan sebuah library, untuk membentuk sebuah file code block

Cara Mengecek Compiler Pada Program Java yang Paling Mudah

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu contoh program yang menggunakan compiler adalah program Java. Jika Anda telah membuat sebuah program Java, namun Anda belum yakin apakah Java tersebut bisa langsung dijalankan. Maka tentunya Anda harus mengecek compiler, yang ada pada Java tersebut.

Adapun cara mengecek compiler pada program Java tersebut diantaranya:

  • Lakukan instal Java Development Kit (JDK). Anda bisa mendownloadnya pada laman https://www.oracle.com/java/technologies/downloads/. Kemudian lakukan perintah penginstalan. Jika Anda telah melakukan perintah penginstalan dengan benar, maka pada tampilan monitor akan muncul tulisan berikut ini:

C : \˃java –version

java version “1.7.0_03”

Java (TM) SE Runtime Environment (build 1.7.0_03-b05)

Java HotSpot (TM) 64-Bit Server VM (build 22.1-b02, mixed mode)

  • Jika sudah terinstal, maka Anda bisa langsung melakukan pengaturan environment variable. Dalam hal ini environment variable PATH

  • Untuk melakukan pengaturan environment variable ini, Anda bisa membuka system properties, dengan mengklik menu start. Kemudian klik kanan pada menu computer. Lanjutkan dengan mengklik menu properties, serta menu advanced settings, yang ada di sebelah kiri panel
  • Langkah selanjutnya, buka dan klik tab advance, dan lanjutkan dengan mengklik menu environment variable
  • Jika langkah diatas telah Anda lakukan, maka kini Anda bisa meng-klik menu PATH, kemudian menu edit
  • Pada tahap ini, Anda bisa mengedit Java Development Kit (JDK), sesuai dengan versi yang telah Anda instal sebelumnya. Misalnya, jika Anda menginstal JDK update 3, maka Anda bisa melakukan pengeditan dengan tampilan sebagai berikut:

C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_03\bin

  • Langkah terakhir dalam pengaturan environment variable ini yaitu dengan mengklik menu Ok, dan jalankan javac-version
  • Jika javac-version telah berhasil Anda jalankan, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan kompilasi pada program Java. Adapun caranya yaitu mengubah namafile.java, dengan nama file source code. Misalnya dengan nama source code Welcome, seperti yang tertulis di bawah ini:

public class Welcome{

    public static void main(String args[]) {

        System.out.println("Welcome!!");

    }

}

  • Simpan nama Welcome.java tersebut di folder C:\TestJava\. Kemudian buka menu command prompt. Caranya yaitu dengan mengklik menu start, lalu ketikkan CMD, dan lanjutkan dengan mengklik menu enter
  • Langkah berikutnya, masuk ke direktori C:\TestJava\, dan lakukan perintah cd
  • Jika Anda telah melakukan langkah diatas, maka Anda bisa segera menjalankan Java Welcome. Java tersebut. Biasanya, jika java tersebut berhasil dibuat, maka akan ada tampilan berupa bitecode program java dalam bentuk file.class. Namun jika belum berhasil, Anda bisa mengulang langkah-langkah diatas, untuk kembali melakukan dan mengecek compiler pada Java

Itu dia cara mengecek compiler yang dilakukan pada Java, yang merupakan salah satu program yang memang menggunakan compiler dalam proses pemindahan/pengubahan source code menjadi bahasa mesin. Meskipun mungkin terlihat rumit, namun jika Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas dengan tepat. Maka proses pengecekan compiler ini akan menjadi sangat mudah dilakukan.



Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Compiler Pada Program Java"