Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MySQL Vs SQLite, Apa Saja Perbedaannya? Dan Manakah yang Akan Anda Pilih?

Baik itu MySQL maupun SQLite, keduanya merupakan salah satu Manajemen Sistem Database (DBMS) yang paling banyak digunakan. Namun terkadang, ada beberapa program yang kadang terkecoh antara keduanya. Dalam arti, sulit membedakan antara MySQL dan juga SQLite. Sebagai pengetahuan bagi Anda, berikut ini akan dibahas mengenai MySQL vs SQLite, jika dilihat dari perbedaannya. Yuk simak selengkapnya!



MySQL Vs SQLite, Apa Saja Perbedaannya? Dan Manakah yang Akan Anda Pilih?

Sebagaimana diketahui, MySQL dan juga SQLite adalah salah satu DBMS (Database Management System). Dimana fungsi dari DBMS ini adalah memfasilitasi dari berbagai database yang tersedia. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh DBMS ini diantaranya yaitu bisa mengelola akses, menjalankan query SQL, menulis data dalam database, hingga memperbarui dan juga menghapus database.

Sedangkan MySQL dan juga SQLite ini merupakan salah satu DBMS yang berbasis open source. Maka tak heran, jika keduanya banyak digunakan hingga saat ini. Meskipun demikian, masih ada yang belum mengetahui mengenai perbedaan antara keduanya. Karena itu, dalam penjelasan di bawah ini, akan dijelaskan beberapa diantaranya, yang meliputi:

1.Tempat Penyedia

Faktor pertama yang membedakan antara MySQL dan juga SQLite adalah tempat penyedianya. Dimana MySQL adalah salah satu DBMS open source yang bisa Anda temukan di domain publik mana saja. Sedangkan untuk SQLite, Anda hanya bisa menemukannya hanya pada Oracle, sebagai tempat penyedianya secara khusus.

2. Penggunaan Server

Pada umumnya, MySQL memerlukan sebuah server, baik yang digunakan untuk menjalankan MySQL sendiri, maupun untuk berinteraksi melalui jaringan. Selain server, MySQL juga membutuhkan arsitektur klien.

Sedangkan SQL pada umumnya adalah salah satu DBMS tanpa server. Dalam arti, penggunaannya bisa dilakukan secara mandiri, dengan mesin database yang berjalan, sebagai bagian dari aplikasi yang digunakan. Lebih jauh lagi, SQLite sering juga dikenal sebagai database tertanam.

3. Tipe Data yang Didukung

Untuk membedakan MySQL vs SQLite lainnya yaitu bisa terlihat dari tipe data yang didukungnya. Dimana MySQL biasanya akan mendukung tipe data yang bisa Anda baca juga di Apa itu Float dan Double Data, serta beberapa tipe data seperti di bawah ini: 

Smallint dan Set

Tinyint, Timestamp, Tinyblob, Text, dan juga Tinytext

Int

Bigint

Mediumint, Mediumblob dan juga Mediumtext

Float

Decimal, Double, Date dan juga Datetime

Real

Longtext dan Longblob

Numeric

Precision

Char

Varchar, dan juga 

Enum

Sementara SQLite hanya bisa dijadikan sebagai pendukung dari tipe data berupa Blob, Null, Text, Real dan juga Integer saja.

4. Kapasitas Serta Proses Penyimpanan

Perbedaan lainnya antara MySQL dan juga SQLite yang bisa terlihat yaitu kapasitas penyimpanan dan juga proses penyimpanan itu sendiri. Dimana kapasitas penyimpanan yang ada pada MySQL yaitu sekitar 600MB. 

Meskipun kapasitas penyimpanannya terbilang besar, namun untuk mengekspor data pada MySQL, Anda tentunya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Terutama bagi Anda yang menggunakan MySQL dengan kapasitas yang besar. Dimana Anda diharuskan untuk menyatukan MySQL tersebut dalam 1 file terlebih dahulu. Barulah kemudian bisa mengekstrak dan menyimpannya.

Berbeda dengan SQL, yang hanya memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 250KB saja. Dimana untuk melakukan penyimpanan data, pada umumnya, SQL akan langsung melakukan penyimpanan dalam 1 file. Sehingga data/info tersebut akan mudah disalin (copy).

5. Skalabilitas

Dalam hal stabilitas, pada umumnya MySQL bisa menangani banyak user sekaligus, serta bisa digunakan dalam menangani database dengan kapasitas yang besar. Hal ini dikarenakan, MySQL memiliki sistem manajemen yang baik.

Sebaliknya, SQLite tidak bisa digunakan oleh user yang bersifat multiple (banyak). Bahkan SQLite juga hanya bisa digunakan untuk menangani beberapa database yang memiliki kapasitas kecil dan terbatas saja.

6. Tingkat Keamanan

Faktor yang membedakan MySQL dan juga SQL lainnya terletak pada tingkat keamanannya. Pada umumnya, MySQL memiliki sistem otentikasi bawaan sendiri. Sehingga tidak akan mudah diakses oleh siapa saja, dan tingkat keamanannya juga terjamin. 

Sistem otentikasi yang dimaksud diantaranya username, password serta SSH. Sementara SQLite tidak memiliki mekanisme otentikasi bawaan, dan bisa diakses oleh siapa saja. Sehingga membuat tingkat keamanannya menjadi sangat rentan diakses. 


Itu dia 5 perbedaan antara MySQL dan juga SQLite. Dari penjelasan mengenai MySQL vs SQLite diatas, menurut Anda, manakah Sistem Manajemen Database (DBMS) yang akan Anda pilih? MySQL, ataukah SQLite? 


Posting Komentar untuk "MySQL Vs SQLite, Apa Saja Perbedaannya? Dan Manakah yang Akan Anda Pilih?"