Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Debugging Tools Untuk Aplikasi Android

 7 Rekomendasi Debugging Tools Untuk Aplikasi Android



Pengembang aplikasi, bertujuan untuk mencari kesalahan pada software tersebut dengan cara debugging menggunakan beberapa tools lainnya. Dengan rekomendasi debugging tools untuk aplikasi android, anda bisa mencari tools yang mudah digunakan di semua jenis android.

Fungsi debugging sendiri, berguna untuk custom recovery hingga mencari kesalahan yang terdapat pada software. Berikut rekomendasi debugging tools untuk aplikasi android, apa saja?

1. Apache Cordova

Platform yang satu ini, merupakan pembuat aplikasi mobile yang menggunakan CSS, HTML hingga Javascript. Mendukung IOS, Android hingga Windows, aplikasi ini menyediakan API plugin dalam memudahkan developer mengembangkan aplikasi tersebut. Fungsi yang bisa anda gunakan, antara lain yaitu kontak, kamera, kompas, bahkan informasi jaringan.

Artinya, anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah hanya dengan menggunakan API dari Cordova tanpa membangun aplikasi menggunakan native kode yang lain. 

2. Ionic Framework

Framework yang satu ini, menggunakan HTML 5 yang berguna untuk mengembangkan aplikasi mobile berteknologi CSS, HTML hingga Javascript. Ionic ini, bersifat open source dengan menggunakan angular JS.

Dikabarkan, Angular JS ini menjadi implementasi logic yang berguna untuk anda mengembangkan aplikasi serta debugging agar berjalan lancar dengan tampilan antarmuka yang menarik.

3. Xamarin

Software development ini, berguna untuk debugging aplikasi android anda dengan mudah. Dikembangkan sejak 2011, Xamarin telah terintegrasi dengan Visual Studio. Adanya Xamarin, memudahkan setiap orang mengembangkan aplikasi di beberapa platform sekaligus.

Selain itu, software ini akan mengupdate API yang berguna dalam pengembangan aplikasi. Disisi lain, Xamarin juga merupakan tools yang memudahkan anda dalam membuat native IOS dari Visual Studio.

4. App Inventor

Dipakai untuk developer pemula, saat ini App Inventor telah bisa anda gunakan untuk debugging di android. Tools ini, membantu anda dalam mengembangkan aplikasi sederhana menggunakan puzzle yang disusun berdasarkan perintah-perintah dasar agar aplikasi yang disusun bisa berjalan sesuai keinginan.

5. Unity3D

Jika anda bosan, anda bisa mencoba pengalaman 3D dalam pengembangan aplikasi terbaru. Menawarkan API yang cukup banyak, software ini banyak diminati pemula karena simpel dan tampilan antar muka yang menggoda. Fitur high end, membuat aplikasi anda terlihat keren dengan game ponsel 3D karena desainnya yang memukau.

6. Android Studio

Berbagai kalangan, telah mengenal software ini karena penggunaannya yang mudah dan memiliki banyak fitur menarik. Emulator yang kaya fitur dan memiliki sistem guild yang fleksibel akan membantu anda mendebug aplikasi di android serta dapat melakukan perubahan yang efisien.

Membuat aplikasi secara cepat dan serba praktis, menjadikan android studio merupakan software yang wajib anda miliki. Dengan software ini, aplikasi anda akan mudah dibuat dengan debuggingnya sehingga bekerja dengan optimal.

7. Eclipse

Eclipse, memiliki fungsi untuk mengembangkan aplikasi dengan Java dan bisa menggunakan bahasa pemrograman lain dari plugin PHP, C++ hingga Ruby. Basis kode eclipse ini, berasal dari IBM. SDK atau Software development kit dalam eclipse, merupakan alat pengembang yang ditujukan untuk Java.

Meski begitu, anda tetap bisa menggunakan software ini untuk mengembangkan aplikasi serta mendebuggingnya dengan mudah. Salah satu IDE (Integrated Development Environment) yang menarik, menjadikan eclipse cocok anda pilih sebagai salah satu debugging untuk aplikasi android.

Dengan tujuh rekomendasi  debugging untuk aplikasi android, anda bisa memilih software mana saja yang dapat anda gunakan dengan mudah. Meski ada beberapa aplikasi yang berat, anda bisa mencoba App Inventor atau sejenisnya untuk software yang ringan dalam mendebugging aplikasi android. 


Posting Komentar untuk "7 Rekomendasi Debugging Tools Untuk Aplikasi Android"