Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Source Code Halaman Dashboard UI Android

Pada tutorial bahasa pemrograman kali ini, saya akan membagikan sebuah tutorial ngoding dulu tentang bagaimana caranya membuat Halaman Menu Utama yang menarik menggunakan Android Studio dengan mudah. berikut ini adalah contoh source code nya. silahkan dicoba dan dikembangkan dan semoga ilmunya bisa bermanfaat.


Pertama Siapkan dulu gambar yang akan digunakan seperti untuk logo ataupun untuk gambar background dan juga icon yang dibutuhkan.setelah itu masukan gambar/ resource yang diperlukan kedalam folder drawable.(semua nama gambar dan nama layout harus menggunakan huruf kecil tanpa spasi)

Langkah selanjutnya membuat layout. berikut ini adalah source code layout yang saya gunakan. komponen yang dibutuhkan berisi ,CardView, ImageView, ProgressBar dan EditText dll.

tambahkan implementasi CardView didalam build.gradle.
implementation "androidx.cardview:cardview:1.0.0"

copy source code berikut dan beri nama file menuutama.xml didalam folder layout.


Source code navigasi nya sebagai berikut. buat didalam Menuutama.java.


Bagaimana, mudah bukan. nah sekarang rekan-rekan tinggal terapkan source code tersebut dan dikembangkan sesuai dengan keinginan. Jika masih kurang jelas silahkan cek video berikut.

Sekian dulu tutorialnya. nantikan tutorial selanjutnya ya. jangan lupa ngoding dulu baru ngeluh. terimakasih sudah berkunjung.  cek juga tutorial yang lainnya. Terimakasih




1 komentar untuk "Source Code Halaman Dashboard UI Android "

  1. symbol "Profil" pada MainActivity.java kenapa error ya kk di punya saya.
    Sama view juga

    BalasHapus