Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pengenalan Aksara Lampung Berbasis Android

Aplikasi Pengenalan Aksara Lampung Berbasis Android



Media pembelajaran aksara Lampug saat ini masih menggunakan sarana terbatas berupa kertas dan buku. Media pembelajaran yang tradisional memiliki kelemahan diantaranya proses belajar hanya satu arah sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman materi. Lahirnya tekhnologi media pembelajaran berbasis android adalah inovasi dalam bidang teknologi informasi contohnya Aplikasi Pengenalan Aksara Lampung Berbasis Android. Bila dibandingkan dengan media pembelajaran dalam bentuk teks yang umumya dingunakan saat ini tentu media pembejaran elektronik dapat lebih diterima.

Tujuan aplikasi pengenalan Aksara Lampung berbasis android ini dibuat yaitu untuk memudahkan pengguna untuk mempelajari tentang Aksara Lampung. Aplikasi ini adalah Aplikasi yang saya buat untuk menyelesaikan tugas akhir saya, dan sengaja saya bagikan sebagai referensi bagi rekan-rekan.

Stack yang digunakan :

  • Database SQLite
  • Bahasa Pemrograman Java
  • Library OpenCV
  • Algoritma Template Matching
  • Android Studio

Database yang saya gunakan untuk membuat aplikasi ini menggunakan SQLite untuk menyimpan histori dari latihan soal dan latihan menulis sehingga pengguna dapat melihat histori dari soal yang pernah dikerjakan.

Struktur Navigasi



User membuka aplikasi, setelah itu akan menampilkan splash screen dan di redirect ke halaman menu utama. Pada menu utama terdapat menu Aksara Lampung, anak huruf, latihan soal,latihan menulis, dan histori. serta tombol untuk menutup aplikasi. 

  • Pada menu Aksara Lampung menampilkan data Aksara Lampung, detail dan bunyi huruf Aksara Lampung.
  • Pada menu latihan terdapat latihan soal dan latihan menulis  huruf Aksara Lampung.
  • Hasil dari latihan soal dan latihan menulis huruf Aksara Lampung disimpan dalam menu hasil latihan soal dan latihan menulis Aaksara Lampung

Layout

Berikut adalah tampilan dari Aplikasi Pengenalan Aksara Lampung Berbasis Android yang saya buat. Kesulitan dalam pembuatan aplikasi ini adalah ketita membuat halaman drawing area dimana kita bisa menulis aksara lampung dan meyimpannya dalam bentuk bitmap. Dan juga penerapan algoritma template matching untuk mencocokan gambar yang kita tulis dengan gambar pada data training.



Demo Aplikasi

Aplikasi ini belum di di publish ke playstore, jadi untuk demo dari aplikasi pengenalan aksara lampung berbasis android ini dapat di lihat pada video dibawah ini. 

Itu tadi aplikasi pengenalan aksara lampung yang saya buat. semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi  ide untuk rekan-reakan semua. dan semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat.  

1 komentar untuk "Aplikasi Pengenalan Aksara Lampung Berbasis Android"

  1. Bang, boleh minta source code untuk dikembangkan sebagai skripsi?

    BalasHapus