Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Membuat GUI Python Menggunakan Qt Designer


Pada tutorial bahasa pemrograman kali ini, saya akan membagikan sebuah tutorialTutorial Cara Membuat GUI Python Menggunakan Qt Designer. berikut ini adalah contoh source code nya. silahkan dicoba dan dikembangkan dan semoga ilmunya bisa bermanfaat.


Qt Designer memudahkan kita untuk membuat desain gui pada Python dan C++ . Untuk langkah-langkah nya dapat dilihat sebagai berikut. sebelumnya saya sudah memberikan Tutorial Cara Install PyQt 5 Python. Jika belum silahkan install  dulu PyQt5.

1. Jika PyQt sudah terinstal dengan benar, Cari Designer pada start menu, klik 2x untuk eksekusi. 



2. Buat flie baru dengan cara pilih menu File >> new  >> Main Window >> Create.



3. Akan tampil sebuah MainWindow. Langkah selanjutnya, buat disain sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan sesuai dengan kriteria kalian. untuk komponen yang digunakan terdapat pada bagian widget box. Biasanya komponen yang digunakan seperti  Push Button, Text Edit, Label, dll. Contoh desain seperti gambar dibawah ini.



4. Setelah selesai dibuat jangan lupa disimpan.  file akan tersimpan dengan format namafile.ui. dan file berhasil dibuat.

Cara Menjalankan Desain GUI di Python

Untuk menjalankan desain GUI  yang sudah kita buat sebelumnya, kita harus melakukan convert file .ui yang kita simpan tadi ke dalam bentuk python code .py. caranya : 

1. Masuk ke Command Promt pergi ke direktori file .ui tadi disimpan. misal "cd D:/namafolder/"

2. ketik perintah dibawah ini 
    
python -m PyQt5.uic.pyuic -x namafile.ui -o namafile.py
        
3. selesai, tinggal jakankan file python dengan cara memasukan perintah dibawah ini atau melalui IDLE

python namafile.py

 


Hasilnya Seperti Gambar dibawah ini.


Bagaimana, mudah bukan. nah sekarang rekan-rekan tinggal terapkan source code tersebut dan dikembangkan sesuai dengan keinginan. Jika masih kurang jelas silahkan cek video dibawah ini.

Sekian dulu tutorialnya. nantikan tutorial selanjutnya ya. jangan lupa ngoding dulu baru ngeluh. terimakasih sudah berkunjung.  cek juga tutorial yang lainnya. Terimakasih.

Youtube : AhmadFatonny

 

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Membuat GUI Python Menggunakan Qt Designer"