Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Install PyQt 5 Python

Pada tutorial bahasa pemrograman kali ini, saya akan membagikan sebuah tutorial  tentang  Tutorial Cara Install PyQt 5 Python di Windows Linux  dan Mac Os. berikut ini adalah contoh source code nya. silahkan dicoba dan dikembangkan dan semoga ilmunya bisa bermanfaat.


1. Cara Install PyQt 5 di Windows

Untuk menginstal PyQt di Windows,kita bisa  menggunakan paket installer dari website qt-project.
Untuk Python versi 3.3 atau versi terbaru,kita bisa menginstall semua package pyqt dengan cata mencentang pada box features saat kita menginstall python. 

Untuk python versi 3.6 keatas bisa menggunakan perintah dibawah ini:

pip install pyqt5

2. Cara Install PyQt5 di Linux

Untuk di linux pastikan kalian menggunakan python versi 3 karena biasanya pada linux sudah terdapat 2 versi python yang terinstall.

Pada Linux Ubuntu / Linux Debian gunakakan perintah dibawah ini

sudo apt-get install python3-pyqt5

untuk CentOS 7 gunakan perintah dibawah ini

yum install qt5-qtbase-devel
untuk RPM-based systems (Redhat-based) gunakan perintah dibawah ini

yum install PyQt5

3. Cara Install PyQt5 di Mac Os

Untuk instalasi pada  Mac OS X sedikit lebih simpel. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal Mac OS X Binary. Tujuannya untuk instalasi library GUI PyQt.

Jika ingin melakukan instalasi dari Python, Kita juga membutuhkan modul Python. Di sinilah tool brew digunakan. Kita dapat menggunakan brew untuk menginstal pyqt (di terminal) dengan cara menggunakan perintah dibawah ini

brew install pyqt


 


Bagaimana, mudah bukan. nah sekarang rekan-rekan tinggal terapkan perintah tersebut dan dikembangkan sesuai dengan keinginan. Jika masih kurang jelas silahkan cek video dibawah ini.


Sekian dulu tutorialnya. nantikan tutorial selanjutnya ya. jangan lupa ngoding dulu baru ngeluh. terimakasih sudah berkunjung.  cek juga tutorial yang lainnya. Terimakasih.

Youtube : AhmadFatonny

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Install PyQt 5 Python"