Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Laporan PHP Ke PDF Menggunakan Pdfcrowd API v2




Halo rekan-rekan, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengubah file html ke pdf menggunakan pdfcrowd API v2. Pdf crowd merupakan website yang menyediakan layanan convert html ke pdf untuk aplikasi ataupun website yang kita buat.  Bagaimana cara mengubah halaman html menjadi pdf? Simak penjelasan dibawah ini. disini saya menggunakan url halaman website yang sudah dihosting karena pdfcrowd


Siapkan file html yang akan dijadikan pdf atau bisa menggunakan url file tersebut. contoh :


report2.php


Buat Akun di pdfcrowd.com , lalu verifikasi melalui email yang dikirim. setelah login menggunakan akun yang sudah dibuat.
Setelah login, pilih menu product >> Pdfcrowd API >> Pilih HTML to PDF in PHP. Lihat gambar dibawah :






Download pdfcrowd versi terbaru. tersedia setelah berhasil login  , ekstrak dan masukan kedalam website atau satu folder dengan file php yang akan di dijadikan pdf (report2.php).



Buat file print_report.php  di file manager hosting kalian.Diperlukan otentikasi untuk menggunakan API Pdfcrowd. Kredensial yang digunakan untuk mengakses API adalah nama pengguna Pdfcrowd kalian dan kunci API. Kalian dapat menemukan kunci API di halaman akun kalian.


print_report.php

Oke selesai. selanjutnya tinggal eksekusi.
buka url print_report.php dan hasilnya file pdf sudah berhasil dibuat.

contoh :
http://reportdna.sarjanacode.com/performance/print_report.php




Sekian tutorial hari ini, selamat mencoba. belajar coding memang tidak mudah tapi semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih.

Ngga ada noda, ngga belajar


Posting Komentar untuk "Membuat Laporan PHP Ke PDF Menggunakan Pdfcrowd API v2 "