Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error Call to undefined function gmp_nextprime() / gmp_strval()

Pada tutorial bahasa pemrograman kali ini, saya akan membagikan sebuah tutorial Cara Mengatasi Error Call to undefined function gmp_nextprime() / gmp_strval() . berikut ini adalah contoh source code nya. silahkan dicoba dan dikembangkan dan semoga ilmunya bisa bermanfaat.

GMP bisa disimpulkan sebagai library fungsi matematika pada php. library ini paling sering digunakan pada coding yang berkaitan dengan enkripsi dan dekripsi. waktu itu ketika saya menggunakan salah satu fungsi pada library ini tiba tiba mengalami error Call to undefined function gmp_nextprime(). setelah lama menjelajah akhirnya saya menemukan solusinya.  

Pasti tidak jarang bagi yang baru saja menggunakan fungsi gmp akan mengalami kesulitan ketika menggunakan fungsi tersebut. error yang ditemukan biasanya seperti gambar dibawah ini.


Kesalahan tersebut bisa terjadi karena ekstensi gmp pada server yang kita gunakan (seperti : xampp, wampp, appserv, dll.)

Solusi :

  • Buka php.ini. saya menggunaxan xampp, direktori  : C:\xampp\php\php.ini


  • Cari tulisan ;extension=gmp (ada tanda ; di depannya)
  • Setelah itu hapus tanda ; yang ada didepan.
  • Simpan Perubahan itu simpan perubahan yang dilakukan
  • Selanjutnya restart xampp (klik stop lalu start lagi).

Selesai. 
Bagaimana, mudah bukan. nah sekarang rekan-rekan tinggal coba .Sekian dulu tutorialnya. nantikan tutorial selanjutnya ya. jangan lupa ngoding dulu baru ngeluh. terimakasih sudah berkunjung.  cek juga tutorial yang lainnya. Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Error Call to undefined function gmp_nextprime() / gmp_strval() "