Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Algoritma Naive Bayes Menggunakan PHP



Naive Bayes why soo Naive


Algoritma Naive Bayes adalah metode klasifikasi menggunakan metode probabilitas dan statistik yang dikemukakan oleh ilmuwan Inggris Thomas Bayes. Algoritma Naive Bayes memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman di masa sebelumnya sehingga dikenal sebagai Teorema Bayes.


Keuntungan menggunakan Algoritma Naive Bayes adalah bahwa metode ini hanya membutuhkan jumlah data pelatihan (training data) yang kecil untuk menentukan estimasi parameter yang diperlukan dalam proses klasifikasi. Karena yg diasumsikan sebagai variabel independent, maka hanya varians dari suatu variabel dalam sebuah kelas yang dibutuhkan untuk menentukan klasifikasi, bukan keseluruhan dari matriks kovariansnya.



Tahapan dari proses Algoritma Naive Bayes yaitu sbb:


  • Menghitung jumlah kelas / label.
  • Menghitung Jumlah Kasus / Kelas
  • Kalikan Semua Variable Kelas
  • Bandingkan Hasil per Kelas

Source code penerapan algoritma naive bayes menggunakan php adalah sbb :




Tabel keputusan yang sudah ditentukan:


Hasil nya :


Bagaimana, mudah bukan. nah sekarang rekan-rekan tinggal buat desain aplikasinya deh. sekian dulu tutorialnya. nantikan tutorial selanjutnya ya. terimakasih sudah berkunjung. Yang mau request pembuatan aplikasi tugas sekolah, tugas kuliah, semua bahasa pemrograman (Android, Java, PHP, VB.Net, Bahasa C ,dll) bisa hubungi kontak yang tersedia. terimakasih.


Ngga ada noda ngga belajar

Posting Komentar untuk "Penerapan Algoritma Naive Bayes Menggunakan PHP"